Muchas Gracias Cristiano

- July 11, 2018

Muchas Gracias Cristiano

Sebagai Madridista kami tentu sedih ditinggal pemain bintang yang telah menorehkan sejarah kegemilangan dan mempersembahkan banyak tropi untuk klub. Kami bersedih
kehilangan pemain terbaik yang telah mencatatkan rekor sebagai pencetak gol terbanyak dalam sejarah Real Madrid dengan 451 gol dalam 438 partai. Secara keseluruhan ada 16 titel, diantaranya 4 Piala Eropa, 3 diantaranya direbut secara berturut-turut dan 4 dalam 5 musim terakhir. Secara individu, dengan kostum Real Madrid dia telah merebut 4 Bola Emas, 2 The Best, dan 3 Sepatu Emas, selain penghargaan-penghargaan lainnya.

Sebagai Madridista, kami tentu sangat berduka, terlebih kepergianmu tak berselang lama dari kepergian Sang Pelatih, Zinede Zidane. Konon, kesedihan kami ini serupa kesedihan kekasih yang ditinggal ketika sedang sayang-sayangnya. Zidane, Meski hanya melatih selama 2,5 tahun di Madrid, Zidane sukses mempersembahkan tiga trofi Liga Champions, dua Piala Dunia Klub, dua Piala Super Eropa, serta masing-masing sekali juara Liga Spanyol dan Piala Super Spanyol.

Namun, sebagaimana penutup dari suratmu, bahwa sudah waktunya untukmu membuka siklus baru, kami harus merelakan kepergianmu setelah 9 tahun kebersamaan ditambah menunggu kesediaan Manchester United selama 2 tahun untuk melepasmu. Tak ada kebersamaan abadi, siapapun memang harus setiap saat menyiapkan diri untuk menyambut takdir berpisah, termasuk kami Madridista.

Bagi kami, kamu bukanlah sekadar masa gemilang dengan torehan titel, tropi dan kemenangan yang dicapai di tengah lapangan permainan selama 9, Cristiano Ronaldo telah menjadi teladan pengorbanan, kerja keras, tanggungjawab, dan talenta. Cristiano adalah hiburan, menjadi tontonan pembeda bukan hanya bagi Madridista, bahkan juga bagi heaters, tanpa Cristiano tak ada ketegangan.

Cristiano adalah keberuntungan. Keuntungan hak siar La Liga melonjak, mereka yang awalnya melek sore hari, ketika menyaksikan Cristiano bermain di Manchester United tiba-tiba menjadi manusia malam yang siap begadang, karena jam pertandingan di La Liga yang memang berbeda dari jam tayang pertandingan Liga Primer Inggris yang rata-rata berlangsung sore hari.

Dalam Laporan Deloitte sebagaimana dikutip pandit football, saat ini La Liga sendiri merupakan liga kedua termahal di dunia setelah Liga Primer Inggris. Catatan Deloitte menyebutkan, pada Juni 2018, La Liga mendapatkan laba bersih sekitar 2,85 juta miliar euro. Jumlah tersebut melampaui Bundesliga yang mendapatkan laba 2,79 juta miliar. Liga Inggris unggul jauh dengan 5,29 juta miliar euro.

Masih menurut Deloitte, melonjaknya pendapatan La Liga tak lepas dari kenaikan nilai hak siar TV. Pada 2015, kontrak hak siar mereka mencapai 2,69 miliar euro untuk tiga tahun. Sebelumnya, nilai hak siar La Liga “hanya” 800 juta euro saja. Padahal, do La Liga sendiri tidak semua kesebelasan punya pemain top dunia. Tapi La Liga adalah tempatnya pemain terbaik dunia bermain. Sejak 2009, La Liga identik Cristiano Ronaldo vs Lionel Messi. Real Madrid vs Barcelona. Meski terjadi duopoli liga, hal itu tetap membawa La Liga mendunia.

Di Juventus, Efek kedatangan Ronaldo bagi sisi bisnis Juventus sendiri sudah terlihat ketika rumor Ronaldo-Juventus mencuat. Harga saham Juventus langsung naik dari 0,66 euro per lembar menjadi 0,80 euro. Spekulasi Bloomberg saat itu, nilai saham Juventus bisa naik sekitar 23% dalam satu pekan. Sekarang setelah resmi kemungkinan besar akan semakin tinggi juga nilai saham Juventus.

Cristiano sekali lagi adalah efek, kita akan menunggu pembuktian itu. Bukan hanya gol-golnya di tengah lapangan, naiknya kembali hak siar Seri A, dari posisi kelima. Menunggu televisi nasional untuk menyiarkan langsung pertandingan-pertandingan di Seri A.

Sekali lagi, Muchas gracias Cristiano. Terima kasih banyak Ronaldo, dan sebagaimana pernyataan resmi klub, Real Madrid akan tetap menjadi rumahmu, engkau telah menjadi legenda klub ini.

Madridista tak mungkin melupakan catatan indah bersama Cristiano, namun kepergiannya juga adalah ujian kesetiaan dan militansi sebagai Madridista. Madridista sejati, tak mungkin tiba-tiba menjadi fans (karbitan) Juventus hanya karena kepindahan Cristiano Ronaldo.

#TetapMadridista
#HalaMadrid