E-Book: Gandhi, Manusia Bijak Dari Timur

- July 19, 2018
E-Book: Gandhi, Manusia Bijak Dari Timur

Sejarah manusia di dunia ini selalu disertai dengan kehadiran orang-orang besar yang berhasil menuliskan kisah hidupnya dengan tinta emas. Salah satunya adalah Mahatma Gandhi atau Mohandas Karamchand Gandhi. Gandhi kecil pantas mengucap syukur. Dia lahir dan dibesarkan di keluarga terhormat dengan penuh kasih. Ayahnya adalah seorang Dewan yang selalu mengajarkan kebaikan kepada sesama, sedangkan ibunya, wanita salehah yang menanamkan nilai-nilai agama. Meskipun demikian, ketika kecil, Gandhi tidak dapat digolongkan sebagai anak baik. Dia pernah merokok, mencuri bahkan mengunjungi rumah bordil. Saat menempuh pendidikan di Inggris, gaya hidupnya menjadi kebarat-baratan.



Kisahnya berlanjut di Afrika Selatan. Di daerah pengujung Benua Afrika tersebut, Gandhi mendapatkan pencerahan. Perlakuan diskriminatif yang diterimanya, bangsanya juga buruh tambang dan budak telah membuka matanya. Mulai saat itulah Gandhi mengabdikan seluruh hidupnya untuk perjuangan kemanusiaan melawan segala bentuk penindasan. Dia telah menjelma menjadi cahaya penerang dari Timur.

Berpuluh-puluh tahun kemudian, ajaran Gandhi kerap mendatangkan perdebatan sengit. Prinsip nir-kekerasan yang terdengar manusiawi dan penuh kasih sayang ternyata justru mengakibatkan pertumpahan darah yang mengerikan. Berjuta- juta orang India bergelimpangan di jalan ketika mereka menjadi satyagrahis. Apakah ini yang dimaksud Gandhi? Pada akhirnya penilaian bersifat personal dan subjektif. Anda dapat menilai apakah Gandhi seorang pejuang kemanusiaan, politikus rendah hati, atau seorang diktator.

Unduh DI SINI.