E-Book: Dekolonisasi Metodologi

- June 22, 2018

E-Book: Dekolonisasi Metodologi

Buku ini merupakan counter-story terhadap ide-ide Barat tentang cara pandang dan pengetahuan. Meneropong lewat mata bangsa jajahan, dongeng-dongeng penuh pesan kehati-hatian dituturkan dari perspektif pribumi, dongeng yang ditujukan bukan saja untuk menyuarakan kaum yang terbungkam melainkan juga menjauhkan dari kesekaratan—entah itu rakyat, budaya maupun ekosistem. Buku ini terutama unggul dalam menempatkan perkembangan praktik-praktik penelitian tandingan (counter-practices of research) baik dalam kritik-kritik Barat atas pengetahuan Barat maupun gerakan-gerakan pribumi global.

Berbekal evaluasi kritis dan feminis terhadap positivisme, Tuhiwai Smith mendesakkan penelitian ulang dan mengusik aturan main penelitian ke arah praktik-praktik yang bermartabat, etis, simpatik dan bermanfaat versus berbagai praktik dan sikap rasis, asumsi etnosentris dan penelitian eksploititatif.

Memanfaatkan Kaupapa Maori, sebuah pendekatan awal menuju protokol dan metodologi penelitian yang cocok secara kultural, buku ini terutama dimaksudkan untuk mengembangkan bangsa pribumi sebagai peneliti. Pendek kata, Tuhiwai Smith mulai mengartikulasikan praktik-praktik penelitian yang menyeruak dari kekhasan epistemologi dan metodologi yang berakar dalam perjuangan bertahan hidup (survival), suatu jenis penelitian yang sama sekali berbeda dari sebuah kata menjijikkan yang dilekatkan pada sisi sakit sejarah.

Unduh DI SINI.