E-Book: Atlas Sejarah Islam

- June 06, 2018
E-Book: Atlas Sejarah Islam
Buku Yang ada di hadapan Anda adalah kisah mengenai sejarah Arab dan Islam. Kami akan menjabarkan peristiwa-peristiwa penting pada periode tersebut, yang dimulai dari fajar Islam sampai berakhirnya Dinasti Abbasiyah akibat pembantaian orang-orang Mongol (Tartar) pada tahun 656 Hijriah/1258 Masehi.



Di bagian pertama, paparan dimulai dengan sejarah Hijaz, tepat sebelum Islam tiba. Dilanjutkan dengan kelahiran  Nabi Muhammad SAW, kehidupan Beliau, risalahnya, saat hijrah, perang, dan surat-surat yang disampaikan kepada para penguasa. Setelah itu, kisah beralih ke periode Khulafa Rasyidin yang menjadi saksi tersebar luasnya Islam ke penjuru dunia yang belum pernah ada dalam sejarah umat manusia.

Pada bagian kedua, sejarah Dinasti Umawiyah (Bani Umayyah) diceritakan lengkap dengan kedua sisinya, yaitu Umawiyah Suriah dan Umawiyah Andalus. Tidak lupa digambarkan pula  mengenai  pembebasan (futuhat) yang terus-menerus dilakukan dinasti ini. Kami tutup bagian ini dengan menampilkan sebagian peninggalan peradaban Arab Islam pada periode Umawiyah di Suriah dan Andalus. Kami berikan pula tambahan mengenai kemajuan dinasti ini dalam sisi sosial, kebudayaan, ekonomi, dan politik.

Bagian ketiga menyorot kekuasaan Dinasti Abbasiyah, lengkap dengan periode-periodenya yang berbeda- beda, yaitu saat dinasti ini kuat, lemah, sampai akhirnya runtuh sama sekali. Inilah salah satu sebab banyak yang memisahkan diri dari kekhalifahan. Dalam bingkai tersebut, kami tampilkan sejarah dinasti-dinasti yang mandiri pada masa Abbasiyah, pengaruh, jejak, dan masalah politik mereka. Untuk menguatkan buku ini, kami tampilkan peta, ilustrasi, dan gambar-gambar peninggalan sejarah.

Bagian keempat, yang merupakan bagian akhir, dikhususkan menggambarkan perang di dunia  Islam yang disebabkan lemahnya pemerintahan Abbasiyah sehingga mereka terpecah menjadi beberapa negara kecil.

Unduh di sini.