E-Book: Celupkan Hatimu ke Samudera Rindu-Nya

E-Book: Celupkan Hatimu ke Samudera Rindu-Nya
Buku ini memberikan kita penjelasan tentang berbagai media untuk membangkitkan semangat untuk beribadah, terutama untuk menjaga hati agar senantiasa jernih. Agar tidak menjadi gersang, maka siramilah hatimu dengan air cinta-Nya. Celupkanlah jiwamu ke samudera rindu-Nya. Sebuah samudera yang hanya berisi kedamaian, kesejukan, dan ketentraman tiada terhingga.



Meski terkenal nakal, sajak-sajaknya diakui sarat dengan nilai spriritual, juga cita rasa kemanusiaan dan keadilan. Dalam al-Wasith fi al- Adab al-‘Arabi wa Tarikhih misalnya, Abu Nawas digambarkan sebagai penyair multivisi, penuh canda, berlidah tajam, pengkhayal ulung, dan tokoh terkemuka sastrawan angkatan baru. Ruh spiritual Abu Nawas semakin kental sesudah ia mendekam di penjara. Jika sebelumnya ia sangat pongah dengan kehidupan duniawi yang penuh glamor dan hura-hura, kini ia lebih pasrah kepada kekuasaan Allah. Kegemarannya melakukan maksiat di masa muda, memicu pencarian nilai-nilai ketuhanan. Sajak-sajak tobatnya bisa ditafsirkan sebagai jalan panjang menuju Tuhan. Syair I’tirof yang amat terkenal itu, merupakan bukti rasa sesal yang amat dalam akan masa lalunya.

Demikianlah, buku Celupkan Hatimu ke Samudera Rindu-Nya ini menyajikan puisi-puisi sufistik Abu Nawas, beserta penjelasan gamblang tentang kandungan nilai puisi tersebut. Syair-syair Abu Nawas yang menyentuh hati ini diharapkan bisa menjadi seteguk air penyejuk di tengah “Global Warming Peradaban”, sebagai pengingat bahwa hidup ini hanya singkat saja dan seyogianya tidak disia-siakan.

Silahkan unduh di sini.

0 komentar