E-Book: Bumi Manusia

E-Book: Bumi Manusia
Di tengah gonjang-ganjing perdebatan soal 'Bumi Manusia' yang akan difilmkan itu, saya secara pribadi masih merasa layak mengucapkan terimakasih kepada Hanung, karena telah berhasil memicu perdebatan di kalangan pembaca Bumi Manusia yang telah beberapa kali mengkhatamkan buku ini.

Ada dua hal keuntungan 'tak sengaja' dari perdebatan itu, pertama, banyak orang yang kembali menelisik dengan penuh rasa penasaran, apa sebenarnya pesan yang ingin disampaikan Pram dalam Bumi Manusia. Kedua, generasi millenial, yang tak luput disarankan untuk membaca itu, tiba-tiba juga memiliki minat yang tinggi untuk mengetahui sosok Minke yang diperankan oleh anak remaja seusia mereka, Iqbal.

Ala kulli hal, akan selalu ada pro-kontra, plus dan minus dari upaya mengangkat cerita ini ke layar lebar. Barangkali, yang bisa saya lakukan sebagai generasi tua yang congkak -meminjam istilal Iqbal Aji Daryono- adalah berharap, para generasi milenial mau serius membacanya dan menemukan hal-hal penting melampui apa yang disimpulkan oleh Sang Sutradara, sebagai sekadar kisah percintaan.

Jika tak cukup memiliki uang, berikut saya posting versi pdf-nya, pada postingan kali ini tampilannya lebih nyaman dibaca daripada postingan sebelumnya.

Silahkan unduh di sini.

0 komentar