Dinamika Perjalanan Madridista Kota Metro

- April 23, 2018

PRMI Kota Metro, Omah1001.net
Sejarah Madridista Indonesia

Madridista Indonesia adalah tempat para pecinta klub Real Madrid di Indonesia. Dengan bertambahnya anggota, Madridista Indonesiapun berharap menjadi sebuah fans club Spanyol besar di Indonesia.

Madridista Indonesia, organisasi tidak resmi bagi para penggemar bola khususnya klub Real Madrid di Indonesia ini, awalnya diprakarsai oleh Donnie Irawan melalui mailing-list (realmadrid@yahoogroups.com) di tahun 1998. Namun perkembangan mailing list pada saat itu masih belum terlalu ramai, sehingga perlahan-lahan mailing-list tersebut meredup dan vakum.

Di tahun 2002, Donie mencoba membuat kembali mailing-list dengan nama berbeda yaitu realmadridfc_indonesia@yahoogroups.com. Para anggota di mailing-list sebelumnya diundang kembali untuk bergabung, tujuannya tak lain adalah untuk meramaikan kembali mailing-list dan menjaga keutuhan para penggemar Real Madrid di Indonesia yang sudah terkumpul. Namun perkembangan melalui mailing-list  tak menunjukkan kemajuan signifikan, kadang vakum (kosong/idle), kadang ramai, dan anggota yang memberikan kontribusi di mailing-list tidak begitu besar jumlahnya.

Menyadari hal itu, para anggota mailing-list (yang umumnya anggota baru, atau anggota lama tapi baru aktif) dan Donnie sendiri sebagai pendiri atau inisiator mailing-list mencoba mengarahkan agar para anggota yang sudah terkumpul ini mendapat hal yang lain dari sekadar posting dan baca mailing-list, yaitu membentuk suatu organisasi bagi para penggemar Real Madrid di Indonesia. Dan, hal tersebut baru terealisasikan pada tahun 2007 melalui gathering-gathering yang sering diadakan oleh para anggota. Di kesempatan gathering pula Donnie mencoba sharing tentang kegiatan dan usaha yang ia lakukan dengan fans club ini.

Berbuah dari hasil sharing itulah, akhirnya para anggota mulai serius untuk membentuk fans club Real Madrid. Tidak sedikit kendala yang ditemui, dari sulitnya bertemu antar anggota, sampai sulitnya menghubungi pihak Real Madrid di Spanyol untuk sekedar izin atau memberikan informasi tentang eksistensi Madridista di Indonesia.

Walaupun begitu, para anggota tetap semangat untuk terus maju bersama anggota-anggota lainnya membentuk Madridista Indonesia menjadi sebuah fans club besar di Indonesia.

Terbantu oleh pesatnya perkembangan teknologi yang memudahkan komunikasi, akhirnya pada tanggal 20 Januari 2007, Madridista Indonesia akhirnya resmi didirikan dengan Wirawan Winarno ditunjuk sebagai presiden pertama (2007-2010). Semakin berkembangnya komunitas Madridista Indonesia, para pengurus berusaha memperjuangkan status official dari Real Madrid langsung.

Perjuangan para pengurus akhirnya bisa tercapai, pada tanggal 5 Oktober 2012, Madridista Indonesia resmi menjadi fanbase Real Madrid di Indonesia yang diberi nama langsung oleh pihak Real Madrid dengan nama Peña Real Madrid de Indonesia, dan Hany Ridha Suherman (2015-2017) ditunjuk sebagai Presiden Peña Real Madrid de Indonesia, kemudian digantikan oleh Erwin Burhanuddin sebagai Presiden PRMI Periode 2015-2017, dan saat ini Presiden PRMI Periode 2017-2020 dimandatkan kepada Candra Bayu, yang terpilih pada Musyawarah Nasional (Munas) PRMI di Surabaya, pada tanggal 14-15 Januari 2017 yang lalu.

Peña Real Madrid de Indonesia Regional Kota Metro; Dari Taman Kota Hingga Juara 2 Futsal Competition Fans Club 2018

PRMI Kota Metro, Omah1001.net
Berfoto sesaat setelah menjalani laga final melawan JCI Kota Metro
dalam Futsal Competition Fans Club 2018
Peña Real Madrid de Indonesia (PRMI) sampai saat ini terus berkembang, mempunyai lebih dari 20 ribuan member yang terdaftar dan 75 regional resmi serta puluhan regional yang belum resmi yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Salah satu fans Real Madrid yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia itu adalah Peña Real Madrid de Indonesia (PRMI) Regional Kota Metro, diawali dengan terbentuknya PRMI Regional Lampung, fans Real Madrid atau Madridista di Kota Metro sebelumnya bergabung ke Bandarlampung.

"Saya dan beberapa kawan fans Real Madrid di Kota Metro mulanya bergabung ke Regional Lampung, kemudian diminta untuk membentuk regional sendiri." Tutur Dannie Haviullah, Pendiri dan Ketua PRMI Regional Kota Metro yang pertama ketika ditemui di Giga Futsal Kota Metro, arena tempat berlangsungnya Futsal Competition Fans Club 2018, Minggu (22/4/2018).

Berdasarkan penjelasan Dannie, ia bersama kawan-kawan kala itu cukup sulit mengumpulkan kawan-kawan sesama fans Real Madrid yang ada di Kota Metro. Namun, semangat untuk membentuk regional sendiri tak menyurutkan langkah mereka, hingga akhirnya terkumpul 10 orang dan mereka melakukan rencana pertemuan dan pembentukan Peña Real Madrid de Indonesia (PRMI) Regional Kota Metro di Taman Merdeka Kota Metro.

"Untuk terbentuknya kalo gak salah  sekitar tanggal 8 - 9 September 2012. Pertama kali ngumpulin anak-anak di Taman Merdeka Kota Metro, terus selanjutnya kumpul di sekretariat Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Metro, baik saat mengadakan Nonton Bareng  maupun sekadar main atau sharing." Jelas Dannie

Dannie juga menuturkan bahwa susunan pengurus dulu, ketika pertama kali terbentuk masih sangat sederhana, terdiri dari Ketua,  Dannie, Wakil, Aldo, Bendahara, Mentari dan Divisi Nomad, Ucok.

Namun, meskipun dengan struktur kepengurusan yang sederhana, kegiatan-kegiatan kumpul, main, sharing dan Nomad rutin dilaksanakan dan selalu ramai dihadiri oleh para fans Real Madrid (Madridista dan Ninas) yang ada di Kota Metro. Mereka juga tak pernah absen hadir dalam turnamen-turnamen futsal yang pernah diadakan.

"Bahkan, jika ada turnamen futsal di Kota Metro, PRMI Regional Lampung selalu hadir sebagai bukti dukungan atas PRMI Kota Metro," tambah Aldo.

Di tahun 2016, PRMI Regional Kota Metro sempat mengalami penurunan aktivitas, karena berbagai kesibukan. Sebagian pengurus ada yang melanjutkan pendidikan dan bekerja di luar Kota Metro bahkan di luar Lampung menjadi salah satu alasan utama. Namun, beberapa pengurus saat itu masih berusaha untuk mengaktifkan dengan membentuk group BBM dan WA.

Hingga akhirnya, awal tahun 2017 yang lalu, Muhammad Thoyib atau yang akrab dipanggil Toya dimandatkan untuk kembali mengaktifkan PRMI Regional Kota Metro. Meski tak mudah, tapi lambat-laun Madridista yang ada di Kota Metro mulai rutin menggelar Nomad kembali, bahkan pada awal Maret 2018, beberapa generasi pertama PRMI Regional Kota Metro kembali berusaha meluangkan waktunya untuk memberikan semangat agar fans Real Madrid di Kota Metro kembali solid.

Turunnya beberapa senior Madridista tersebut, seperti Dannie dan Aldo serta beberapa senior lainnya, berdampak kembali pada semangat para Madridista. Dalam waktu yang singkat, berdasarkan informasi dari Toya yang akhirnya didaulat menjadi Ketua PRMI Regional Kota Metro, periode kedua PRMI Kota Metro ikut dalam Futsal Competition Fans Club 2018 yang digelar 21-22 April 2018, dan berhasil menjadi juara kedua mengalahkan beberapa fans club yang sebenarnya memiliki tim futsal yang lebih mapan.

Futsal Competition Fans Club 2018 sendiri diikuti oleh 9 Tim Futsal Fans Club yang ada di Kota Metro, Indo Barca Metro, JCI Metro, CISC Metro, The Gooners Metro, ICI Metro, MCI Metro, United Indonesia Metro, Kopites Metro dan PRMI Kota Metro. Meski kalah dari JCI Kota Metro dan menjadi runner up, PRMI Kota Metro berhasil mengungguli tim kuat seperti CISC Kota Metro dan ICI Metro yang harus puas menjadi juara ketiga.

Paska agenda tersebut, beberapa anggota PRMI Kota Metro juga bertekad dan sedang mempersiapkan diri ikut dalam acara Ghatering Nasional PRMI yang akan dilaksanakan di Lombok, September 2018 nanti. Ghatering Nasional atau Ghatnas adalah moment berkumpulnya semua member PRMI dari seluruh wilayah di Indonesia.

Gathering Nasional PRMI selama telah sukses dilaksanakan di 3 tempat. Gathering Nasional PRMI pertama dilaksanakan di Daerah Istimewa Yogyakarta pada tahun 2012, kedua dilaksanakan di Pulau Dewata Bali pada tahun 2013, dan Gathering Nasional ketiga dilaksanakan di Kota Wisata Batu tahun 2015, dan tahun 2018 ini direncanakan akan dilaksanakan di Wilayah Indonesia Bagian Timur, yakni Lombok.

Selamat, semoga PRMI Kota Metro selalu solid.

Sumber: Wawancara dan Beberapa Blog Madridista dari Berbagai Regional di Indonesia

Advertisement