E-Book: Ketika Ibu Rumah Tangga Membaca Televisi

- March 24, 2018
E-Book: Ketika Ibu Rumah Tangga Membaca Televisi, Omah1001

Perempuan seringkali menjadi korban media, dalam hal ini televisi. Dalam program sinetron, sosok perempuan senantiasa diposisikan secara stereotype, misalnya, mereka sering digambarkan sebagai tokoh yang berkarakter galak, suka membentak, dan suka memukul. Pada saat lain, mereka dilukiskan sebagai sosok yang mudah menangis. Marjinalisasi perempuan pun tampak dalam iklan, seperti dilukiskan Kasiyan di bukunya yang berjudul Manipulasi dan Dehumanisasi Perempuan dalam Iklan (2008).

Mengikuti pendapat Giligan (dalam Magnis-Suseno, 2005), kepedulian pada orang lain adalah unsur-unsur moral khas perempuan. Kepedulian ini secara konkret berdasarkan empati, kebaikan hati atau belas kasihan. Pandangan Giligan merupakan kritik kepada Kohlberg, yang memakai tolok ukur kemajuan moral sebagai pencapaian sikap moral yang berorientasi pada prinsip abstrak keadilan dan menempatkan kepedulian sebagai tahap sementara yang perlu dilengkapi dengan wawasan keadilan yang berprinsip. Berbeda dengan kepedulian, konsepsi (etika) keadilan menggendong sejumlah kata kunci seperti ”hak”, ”kewajiban”, ”kontrak”, fairness, ”ketimbalbalikan”, dan”otonomi”.

Penerbitan buku ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari rangkaian program kegiatan literasi media televisi bagi para ibu ru mah tangga yang diselenggarakan oleh Masyarakat Peduli Media (MPM) dengan dukungan dana dari Yayasan Tifa.

Silahkan download di sini.