E-Book: Ghost Fleet

- March 27, 2018
E-Book: Ghost Fleet, Omah1001

Tingginya permintaan untuk novel Ghost Fleet yang sempat menjadi rujukan pidato politik salah seorang tokoh oposisi, berikut ini saya coba upload versi bahasa Inggrisnya (karena memang belum ada terjemahannya. Sinopsisnya juga saya ambil dari wikipedia dan tribun.

Melihat plot novel Ghost Fleet di Wikipedia, gambaran hancurnya negara Indonesia di tahun 2030 sebenarnya bukan plot utama di novel ini. Plot utama novel ini menceritakan perang antara 3 negara raksasa dunia, yakni Amerika Serikat, Rusia, dan Tiongkok.

Plot ceritanya pun cukup menarik, dan mirip dengan cerita film action perang. Negara Tiongkok, di masa depan digambarkan menguasai energi dunia lewat cadangan gas bumi. Penyebabnya, di tahun 2030, harga minyak melejit gila-gilaan akibat dua hal. Pertama, terjadi kekacauan di Indonesia karena terjadi perang di Timor.

Lalu, ada tragedi bom dahsyat di Dhahran, Arab Saudi. Pada masa ini, Indonesia ditulis sebagai negara yang 'gagal', terjadi kekacauan di mana-mana. Merasa punya sumber energi melimpah, Tiongkok kemudian berambisi untuk menguasai dunia, khususnya di kawasan Pasifik Barat.

Untuk mewujudkan ambisi itu, mereka harus menaklukkan Amerika Serikat. Strategi yang dipakai Tiongkok adalah meretas sistem keamanan cyber Amerika. Sejumlah alat pertahanan militer Amerika diceritakan bobol. Peralatan canggih serta sistem pertahanan Amerika yang berbasis satelit, lumpuh.

Rusia, yang menjadi sekutu Tiongkok, sampai berhasil merebut pangkalan militer Amerika di Okinawa, Jepang. Bersama Rusia pula, Tiongkok kemudian berhasil melumpuhkan Hawaii, bahkan mendirikan 'negara' baru di Hawaii.

Singkat kata, pertahanan Amerika di kawasan Pasifik, lumpuh. Karena semua alat tempur canggih Amerika lumpuh karena serangan hacker Tiongkok, Amerika akhirnya malah menggantungkan harapan di kapal perang kuno. Kapal-kapal perang jadul Amerika ini sebetulnya sudah dalam status 'dipakai enggan, dibuang sayang'.

Tapi, karena mereka tak memakai sistem canggih, justru membuat mereka tak bisa dilumpuhkan lewat internet oleh para hacker. Mereka tak bisa terdeteksi, dan akhirnya malah jadi kunci sukses Amerika bertahan melawan Tiongkok dan Rusia.

Itulah mengapa novel ini memakai judul 'Ghost Fleet', yang bermakna 'Kapal Hantu'.

Bagi anda yang minat silahkan download versi pdf-nya di sini.