E-Book: Gerakan Dakwah Persatuan Islam

- March 15, 2018
E-Book: Gerakan Dakwah Persatuan Islam, Omah1001

Buku Anotomi Gerakan Dakwah Persatuwan Islam ini hendak membuktikan sepenuhnya bahwa Persis, memandang para tokoh bukan sebagai panutan, apalagi sebagai penerus ajaran.

Sikap Persis terhadap tokoh madzhab sekalipun atau para pemikir Islam lainnya adalah sama, yakni selama pemikirannya bersumber pada al-Qur’an dan as-Sunnah, pemikiran mereka akan diterima. Sebaliknya, jika bertentangan dengan kedua sumber ajaran Islam ini, tentu akan ditolak. 

Buku setebal 507 halaman itu, ditulis oleh Prof.Dr. Dadan Wildan bersama dengan M. Taufik Rahman, Ph.D,  Dr. Badri Khaeruman,  dan Latif Awaludin, MA. Penulis pertama sebaga ketua Dewan Tafkir, sebuah lembaga pemikiran yang ada di Pimpinan Pusat Persatuan Islam (PP. Persis). Sementara ketiga penulis lainnya merupakan anggota di lembaga yang sama. Semula naskah buku ini merupakan hasil penelitian masing-masing tentang Persatuan Islam, yang diambil pokok-pokok pemikirannya untuk disatukan menjadi buku ini.

Buku ini memuat empat tema yang menggambarkan perjalanan dakwah Persatuan Islam, yakni tentang sejarah, peran tokoh dan pemikirannya, serta sikap politiknya dalam menghadapi perubahan sosial dan politik yang mengitarinya. Hadirnya buku ini, selain untuk menepis pandangan bahwa Persatuan Islam merupakan kepanjangan dari suatu madzhab dalam Islam atau ajaran tertentu seperti di atas, juga merupakan bentuk tanggungjawab para penulisnya kepada lembaga, baik lembaga Dewan Tafkir maupun Persis tempat mereka bernaung.

Jika berminat membacanya, silahkan download di sini.