E-Book: Buku Induk Ekonomi Islam

- March 10, 2018

E-Book: Buku Induk Ekonomi Islam

Ekonomi Islam adalah sebuah doktrin dan bukan merupakan suatu ilmu pengetahuan, karena ia adalah cara yang direkomendasikan Islam dalam mengejar kehidupan ekonomi, bukan merupakan penafsiran yang dengannya Islam menjelaskan peristiwa-peristiwa yang terjadi dalam kehidupan ekonomi dan hukum-hukum yang berlaku didalamnya.

Doktrin adalah suatu "sistem", sementara ilmu adalah suatu "penafsiran" (interpretasi). ini sekadar untuk menjelaskan bahwa ekonomi Islam adalah suatu doktrin, bukan ilmu pengetahuan. Buku setebal 600 halaman ini menjadi Kitab Induk Ekonomi Islam "Iqtishaduna" karya Muhammad Baqir Ash Sadr, yang membahas tentang banyak hal tersebut, termasuk  tentang teori praproduksi, pasca produksi dan produksi serta pengujian doktrin ekonomi Islam ke dalam muatan ilmu ekonomi.

Buku ini semacam Das Kapital-nya umat Islam yang menjelaskan kedudukan ilmu ekonomi dalam doktrin Islam, sehingga upaya untuk melihat dukungan Islam pada pembangunan sistem ekonomi yang menjamin kesejahteraan sosial measyarakat tanpa melepaskan arti penting negara dan individu dalam relasi perwujudannnya.

Silahkan download di sini.