E-Book: Agama Jawa

- March 05, 2018
E-Book: Agama Jawa

Awalnya, saya belum berniat untuk memposting buku Agama Jawa ini, di samping karena memang belum sepenuhnya selesai saya baca, buku ini saya khawatir dilewatkan saja, karena memang jumlah halamannya yang lumayan tebal, sekitar 640 halaman, tetapi karena tingginya permintaan orang untuk meminta referensi tentang kejawan atau Agama Jawa, maka tak apa-apa saya posting lebih awal sebelum masanya.

Buku ini termasuk buku klasik dalam studi tentang Indonesia, disebut-sebut sebagai salah satu yang paling berpengaruh di dunia kajian kebudayaan dan terus menimbulkan pembahasan, perdebatan akademis serta menginspirasi kajian-kajian baru di tingkat internasional maupun nasional. Bahkan baru-baru ini Journal of Social Issues in Southeast Asia menyatakan buku ini sebagai The Most Influential Books of Southeast Asian Studies.

Buku ini berasal dari disertasi Clifford Geertz berdasarkan penelitian di Jawa pada 1952-1954. Geertz mencoba menyimpang dari tradisi antropologi umumnya yang memberi perhatian utama kepada komunitas kecil petani atau penggembala, juga suku-suku terasing yang cenderung menghilang.

Suatu kota kecil di Jawa Timur, disebut Modjokuto, dipilihnya untuk memberikan kontras terhadap kecenderungan tersebut, karena kota kecil itu mempunyai penduduk yang melek huruf dengan tradisi yang tua, urban, sama sekali tidak homogen serta sadar dan aktif secara politik. Di Modjokuto terjadi benturan budaya, dimana Islam, Hinduisme, dan tradisi animisme berbaur dalam satu sistem sosial.

Silahkan unduh di sini.