E-Book: Madilog Tan Malaka

- February 14, 2018
E-Book: Madilog Tan Malaka, Omah1001.net
Madilog (Materialisme, Dialektika, dan Logika) ditulis oleh Tan Malaka yang terkenal sebagai seorang aktivis pejuang nasionalis Indonesia, seorang pemimpin sosialis, dan politisi yang mendirikan Partai Murba.

Dalam filsafat, teori materialisme menyatakan bahwa satu-satunya yang ada adalah materi, bahwa segala sesuatu terdiri dari materi dan semua fenomena (termasuk kesadaran) adalah hasil interaksi material. Dengan kata lain, materi adalah satu-satunya substansi. Untuk banyak filsuf, tidak hanya 'fisikalisme' identik dengan 'materialisme', tapi mereka menggunakan kedua kata untuk menggambarkan posisi yang mendukung ide-ide dari fisika yang mungkin tidak peduli dalam arti tradisional (seperti anti-materi atau gravitasi).

Oleh karena itu sebagian besar diskusi filsafat pada umumnya menyatakan materialisme mungkin relevan dengan fisikalisme. Juga terkait adalah ide-ide naturalisme metodologis (yaitu "mari kita setidaknya melakukan ilmu seakan fisikalisme benar") dan naturalisme metafisis ini (yaitu "filsafat dan ilmu pengetahuan harus beroperasi sesuai dengan dunia fisik, dan itu semua yang ada"). Materialisme adalah "sebuah teori bahwa materi fisik merupakan satu-satunya realitas atau fundamental."

Pemikiran Tan Malaka dalam Madilog pun tidak berbeda dengan paham filsafat di atas dalam memandang materialisme. Bukti adalah fakta, dan fakta adalah lantainya ilmu bukti. Bagi filsafat, idealisme yang pokok dan pertama adalah budi (mind), kesatuan, pikiran dan penginderaan. Filsafat materialisme menganggap alam, benda dan realita nyata obyektif sekeliling sebagai yang ada, yang pokok dan yang pertama, sekalipun ilmu pengetahuan secara rasional belum dapat menjelaskannya dan belum dapat menjawab apa, mengapa dan bagaimana.

Silahkan baca lebih lanjut pemikiran Madilog Tan Malaka ini, dengan mendownload pdfnya di sini.