E-Book: Catatan Seorang Demonstran

- February 14, 2018

E-Book: Catatan Seorang Demonstran

Buku yang berisi pemikiran - pemikiran (alm.) Soe Hok Gie, mahasiswa Jurusan Sejarah FSUI. Disusun lewat pengumpulan karya - karya tulisan Gie, baik di jurnal hariannya, maupun dari tulisan - tulisannya di koran nasional.

Buku ini menarik untuk dibaca. terlebih lagi lewat penggambarannya sebagai mahasiswa pada era orde lama, Gie dapat membawa kita menyelami kehidupan rakyat Indonesia sekitar tahun 1960-an.
Buku ini akan membawa kita lebih dekat dengan seorang pemuda aktivis yang sangat berpengaruh di jamannya. Banyaknya typo yang bertebaran dalam buku ini tidak mengurangi substansi isinya. Buku ini banyak menambah pengetahuan kita mengenai situasi politik yang terjadi pada saat itu.

"Kebenaran hanya ada di langit dan dunia hanyalah palsu dan palsu." Tulis Gie

Gie, sosok pemuda intelektual yang sangat kritis.

Di masa mudanya, dia sudah mempunyai pikiran yang kritis yang sangat jarang ditemui hingga saat ini. Dia memilih untuk menjadi seorang idealis daripada menjadi apatis.

Gie, meskipun dia begitu keras terhadap pemerintah, tapi dia mempunyai hati yang lembut terhadap wanita.

Gie, banyak yang mendukungnya. Tapi banyak pula yang menentangnya.

Gie, pemuda yang mencintai gunung dan meninggal di atas gunung pula. Sesuai dengan keinginannya, bahwa dia ingin mati muda dan ingin meninggal di atas gunung tertinggi di Jawa.

Andai Gie masih hidup saat ini, apa kira-kira yang akan dia tulis dalam surat kabar mengenai pemerintahan sekarang yang penuh dengan sandiwara dan dagelan?

Silahkan download di sini.