E-Book: Aksi Massa Tan Malaka

- February 18, 2018
E-Book: Aksi Massa Tan Malaka, Omah1001.net

Tan Malaka memiliki perspektif tersendiri dalam menjelaskan apa yang terjadi dalam Republik ini di medio 1920-an. Menurutnya sebab dari ketertindasan bangsa ini adalah model kapitalisme ala Belanda yang terus memojokkan kaum proletar atau buruh. Baginya, nasib buruh (dan juga petani) dipertaruhkan hanya dengan politik balas budinya melalui volksraad.

Tan Malaka selalu berujar bahwa kemerdekaan harus diraih 100%, seperti pesannya yang disampaikan oleh Sukarno dkk. pada sebuah pertemuan yang sering diceritakan pada buku-buku Tan Malaka yang lain. Karena daya kritisnya yang luar biasa, di buku ini pula terungkap kritik-kritik yang ia lancarkan pada saluran-saluran aspirasi rakyat pada masa itu, yakni organisasi-organisasi seperti Boedi Oetomo, National Indisch Partij, dan yang terakhir Sarekat Islam.

Menurut seorang kawan, sesama aktivis dakwah dulu, buku Tan Malaka ini bisalah disandingkan dengan Fiqh Siyasah-nya Hasan Al Banna, sebagaimana Gerpolek yang bisa disandingkan dengan Ma'alim Fii Ath Thariq-nya Sayyid Quthb. dan Madilog dengan Majmu'aturrasail.

Penasaran, silahkan download di sini.