Jelang Munas X KAHMI : Hari Ini Simposium Para Guru Besar dan Doktor KAHMI Digelar

- November 14, 2017

Majelis Nasional KAHMI, hari ini hingga besok (14-15) menggelar simposium nasional profesor dan guru besar, dengan tajuk 'Membangun negeri memihaki bangsa sendiri'. Acara tersebut dilangsungkan di Gedung Nusantara V MPR RI.

Menurut Mahfud MD, Koordinator Presidum MN KAHMI, simposium tersebut intinya untuk memberi padangan bagaimana pembangunan tidak sekadar mempertimbangkan pertumbuhan ekonomi tetapi juga pemerataan dan memperkecil ketimpangan sosial.

"KAHMI punya ribuan profesor yang bekerja di perguruan tinggi, dan doktor-doktor yang bekerja di berbagai profesi. Simposium profesor dan doktor alumni HMI ini, intinya untuk memberi pandangan bagaimana pembangunan tidak sekadar mempertimbangkan pertumbuhan ekonomi," Jelas Mahfud, beberapa waktu lalu.

Hal senada juga ditegaskan oleh Ketua Panitia Pengarah Simposium yang juga peneliti senior LIPI Siti Zuhro, bahwa kesenjangan sosial ekonomi akan mendapat perhatian yang besar dalam acara ini. Ada enam perspektif untuk mendekati isu tersebut dalam simposium ini, antara lain demokrasi, budaya, pendidikan, ekonomi, hukum dan HAM, serta sains dan teknologi. Keenamnya dipilih dan berangkat dari permasalahan kesenjangan sosial dan ekonomi dalam rangka menyongsong pembangunan Indonesia merdeka 100 tahun di 2045 mendatang.

"Ada 6 subtema yang dalam hal ini dilihat interdisipliner, ada dilihat dari perspektif demokrasi, otonomi daerah dan birokrasi pemerintah, yang kedua isu mengenai subtema agama, ideologi, dan budaya. Yang ketiga itu pendidikan, yang keempat tentang ekonomi, kelima hukum dan HAM, keenam itu sains dan teknologi," terang Siti.

"Paling tidak 6 subtema itu kita maksudkan bisa memberikan gagasan ide baru yang bagaimana ini solutif dan implementatif. Tentu kita harus berpihak pada bangsa sendiri karena tidak boleh kita bangsa yang sudah merdeka 72 tahun tapi merasa terjajah. Kita harus menggugat itu kalau memang itu yang kita rasakan," lanjutnya.

Sebagian gagasan dan pemikiran guru besar dalam simposium tersebut, telah dituangkan dalam buku "Membangun Negeri Memihaki Bangsa Sendiri."

Para Guru Besar dan Doktor Alumni HMI, berfoto sebelum acara dimulai
Prof. Muhajir Efendi sedang menyampaikan paparannya
Prof. Didin S. Damanhuri dan Dr. Suryani Sidik Motik di sela-sela acara


Sumber : KBA HMI Pecinta Buku