Tama Akan Menjadi Salah Satu Wakil Indonesia di AYIMUN 2017

- October 25, 2017

Muhammad Anugerah Utama, Siswa SMA Negeri 1 Kota Metro akan mewakili Kota Metro, Lampung dan Indonesia dalam ajang bergengsi Asia Youth International Model United Nations (AYIMUN) 2017. AYIMUN 2017 adalah ajang simulasi akademis MUN (Model Persatuan Bangsa-Bangsa) internasional yang bertujuan memperkenalkan bagaimana PBB bekerja, sekaligus melatih kemampuan leadership (kepemimpinan), kemampuan analisis, diplomasi, dan public speaking serta melatih kemampuan para peserta untuk menyelesaikan masalah internasional dan mengembangkan kemampuan diplomasi.

Tama terpilih setelah menyisihkan lebih dari 3.000 peserta yang mendaftar secara online melalui email.

"Mungkin saya termasuk yang beruntung saja, karena sebenarnya pertanyaannya simple saja. Kenapa Anda tertarik mengikuti AYIMUN 2017? Kenapa kami layak memilih Anda menjadi delegasi AYIMUN 2017? Apa kontribusi, saran dan program yang akan Anda lakukan setelah mengikuti AYIMUN 2017?" Jelas Tama merendah ketika ditanya bagaimana prosesnya ia bisa lolos seleksi ajang bergengsi ini.

Tama mengakui mengaku bahwa ia mengetahui kegiatan AYIMUN 2017 dari media sosial.

Sasaran dari kegiatan AYIMUN 2017 yang akan berlangsung di Kuala Lumpur, Malaysia pada bulan November 2017 ini adalah para pelajar dan mahasiswa, dengan sekitar 1.000 peserta dari 26 negara yang berasal dari Asia Tenggara, Amerika Utara dan Selatan, Eropa dan Oceania.

Asia Youth International Model United Nations 2017 yang mengangkat tema “Enhancing Global Power through Diplomacy and Regional Integration”, akan menyajikan permasalahan terbaru dalam 7 topik yang akan didiskusikan di tiap komite. 7 komite tersebut adalah ARF (ASEAN Regional Forum), UNHRC (United Nations Human Rights Council), UNESCO (United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organizations), UNHCR (United Nations High Commissioner For Refugees), IMF (International Monetary Fund), WHO (World Health Organizations), and OIC (Organization of Islamic Cooperation).

Dengan 7 komite yang disediakan, para perwakilan delegasi dapat mengadakan debat yang luas tentang topik area berdasarkan ketertarikan mereka yang dapat mendorong mereka untuk mencari suatu solusi atas masalah yang akan didiskusikan. Maka dari itu, Asia Youth International Model United Nations akan menjadi tempat terbaik untuk mendapatkan kemampuan yang diperlukan dalam diplomasi, negosiasi, public speaking, dan cara berpikir kritis tentang permasalahan internasional di dalam suasana dan kerangka internasional.

Menurut Tama, setiap peserta diberikan kebebasan memilih bahasan dan mewakili negara yang menjadi kecenderungan dan minatnya.

"Sebenarnya selain belajar untuk meningkatkan kemampuan diplomasi, negosiasi, public speaking dan cara berpikir kritis, hal yang penting juga sebenarnya saya juga mau bersosialisasi mengenal budaya (kultur) negara-negara lain, memperbanyak teman dan jaringan." Harap Tama ketika bisa mengikuti AYIMUN 2017 ini.

Jika Tama berhasil mewakili Indonesia, khususnya Kota Metro di ajang bergengsi tersebut, tentu saja tidak hanya akan membuat bangga negara ini terutama Lampung dan Kota Metro, melainkan lebih dari itu, kehadiran Tama di AYIMUN 2017 yang masih duduk di kelas 3 SMA akan memotivasi anak-anak muda di Kota Metro untuk pergi keluar dan berkompetisi di ajang internasional.

"Kalau Tama jadi berangkat di ajang internasional AYIMUN 2017 yang berlangsung di Malaysia ini, Kota Metro pasti bangga dan naik level, apalagi sebagai Kota Pendidikan. Setidaknya Kota Metro bisa menunjukkan perannya dalam melahirkan bibit-bibit unggul, generasi masa depan yang cerdas," ujar Ahmad Gufron.

Tama sejak duduk di bangku sekolah dasar telah menorehkan banyak prestasi, termasuk ketika masih duduk di bangku SMP, telah berhasil menulis buku Obladi Maria Diabla yang diterbitkan oleh penerbit mayor, Noura Publishing yang telah banyak menerbitkan buku-buku penulis hebat.

Semoga sukses Tama, jikapun tak berjodoh berangkat ke Malaysia tahun ini masih ada kesempatan di tahun berikutnya, atau paling tidak kamu sudah menunjukkan kualitasmu sebagai yang terpilih untuk menjadi delegasi di AYIMUN 2017 ini.