E-Book: Islam, Pluralisme, dan Toleransi Keagamaan

E-Book: Islam, Pluralisme, dan Toleransi Keagamaan, Omah1001
Buku Islam, Pluralisme, dan Toleransi Keagamaan karya Fathi Osman ini menegaskan bahwa pluralisme adalah bagian dari peradaban, yang secara teologis, didasarkan pada konsep kesamaan dasar atau kalimat-un sawa (common platform) agama-agama.

Sementara diin atau esensi agama itu sama; kepada setiap golongan dari kalangan umat manusia Allah menetapkan syir`ah atau syari’ah  (jalan) dan minhaj (cara) yang berbeda-beda. Perbedaan agama-agama ini secara teologis memang disebabkan karena Allah tidak menghendaki umat manusia itu satu dan sama semua dalam segala hal. Allah malah menghendaki agar manusia dalam perbedaan yang bisa membawa rahmat ini, saling berlomba-lomba menuju kepada berbagai kebaikan.

Al-Qur’an menurut Fathi Osman menegaskan bahwa nanti seluruh umat manusia akan kembali kepada Allah dan kelak Dia-lah yang akan membeberkan hakikat perbedaan antara manusia itu (Q. 5:48). Sehingga, bukan hanya kesatuan yang merupakan esensi agama-agama, tetapi perbedaan juga merupakan kenyataan yang harus dihormati, bahkan dikembangkan untuk kemaslahatan bersama.

Penasaran? Jangan buru-buru mengambil kesimpulan, Silahkan unduh ebook-nya DI SINI dan baca dengan hati yang tenang.

0 komentar