E-book: Ulat di Kebun Polri - Budi Hatees

- September 12, 2017

E-book: Ulat di Kebun Polri - Budi Hatees, Omah1001
Kejahatan atau malpraktik anggota kepolisian dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab tidak selalu disebabkan oleh individu polisi itu. Faktor lingkungan pada lingkup internal institusi juga menjadi pendorong utama.

Jika lebih dikaji, malpraktik yang dilakukan polisi sesungguhnya tidak selalu disebabkan oleh watak individu polisi, tetapi besar kemungkinan dipengaruhi oleh lingkungan kerjanya. Hal yang sama juga berlaku bagi anggota Polri.

Buruknya perilaku malpraktik di kalangan internal Polri, terutama yang dilakukan para perwira tinggi, bukan mustahil telah memotivasi anggota kepolisian di level bawah untuk membenarkan perilaku malpraktik itu.

Sebagaimana diungkapkan oleh Maurice Punch dalam bukunya Police Corruption: Deviance, Accountability and Reform in Policing bahwa, "Soal sebenarnya bukan apel yang busuk. Soalnya adalah kebunnya yang busuk."

Paragraf-paragraf di atas adalah kutipan di sampul belakang buku "Ulat di Kebun Polri" yang ditulis oleh Budi Hatees. Buku ini terdiri dari 4 bagian, di tutup dengan epilog "Polisi Meraih Kepercayaan" yang ditulis secara apik oleh Krishna Murti.

Buku ini menjadi menarik dibaca, ketika institusi Polri mulai kehilangan kepercayaan apalagi jika dikaitkan dengan cara-cara yang cenderung dianggap tak manusiawi, terutama ketika dihubungkan dalam beberapa kasus di Lampung, salah satu di antaranya penembakan begal yang foto jenazahnya dijejer dan diunggah ke media sosial.

Selengkapnya bisa dibaca DI SINI