E-book: Mahabharata Karya Nyoman S Pendit

- September 06, 2017
E-book: Mahabharata Karya Nyoman S Pendit, Omah1001
Mahabharata merupakan karya Nyoman S. Pendit yang telah beberapa kali dicetak ulang. Salah satu dari buku yang terbilang cukup tua. Dalam novel ini Nyoman S pendit menceritakan kisah Mahabharata versi asli, tanpa kehadiran tokoh-tokoh Punakawan sebagaimana biasa kita kenal, yaitu Semar, Petruk, dan Gareng atau beberapa nama lain yang dibuat atau disesuaikan pendekatan lokalitas daerah.

Novel ini menceritakan secara lengkap tentang perjalanan hidup Pandawa,  yaitu Yudhistira, Bhimasena (Bhima), Arjuna, Nakula, dan Sadewa dalam menghadapi cobaan hidup, dimulai dari kelahiran, pembuangan, perang Baratayudha (perang saudara) antara Pandawa dan Kurawa, hingga akhir dari kematian para Pandawa di gunung Himalaya.

Memang ada banyak kisah Mahabharata, dari berbagai sumber tulisan berupa naskah-naskah kuno. Dalam perjalanan panjang Mahabharata, semenjak diciptakan sekian ratus tahun yang lalu hingga kini, telah berkembang berbagai versi yang tersaji dalam bahasa yang indah dan sarat dengan ajaran moral.

Namun, Mahabharata sebagai wiracarita atau cerita kepahlawanan yang dikisahkan kembali oleh Nyoman S. Pendit dengan bahasa sederhana, sangat mungkin lebih bisa dinikmati oleh generasi muda. Pengarang menyajikan episode-episode secara runtut, dimulai dengan munculnya tokoh Bharata sampai keturunannya yang berkembang menjadi sebuah wangsa yang besar. Dua keturunan Bharata yang termasyhur, yaitu Kaurawa dan Pandawa, akhirnya berperang dalam perang besar Bharatayudha untuk memperebutkan kekuasaan.

Mahabharata versi Nyoman S. Pendit ini disajikan dalam lima puluh lima bagian cerita dan dihiasi gambar-gambar yang menarik . Silahkan unduh DI SINI.

Selamat Menikmati.
Advertisement